Siaran Pers
Nomor : 190/SP/HM/BKKP/X/2018

 

Serpong, 4 Oktober 2018

Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama Sinar Mas Land menggelar Peletakan Batu Pertama atau ‘Groundbreaking ‘ Pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City, Tangerang Selatan (4/10/2018). GIPTI akan menempati lahan Puspiptek Kemenristekdikti, seluas ± 15 Ha.

Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan, GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun *kawasan technopolis*.

“ Saat ini, kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya Puspiptek sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek. Sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri” tutur Menristekdikti.

Menteri Nasir menjelaskan bahwa salah satu fungsi GIPTI untuk dunia pendidikan tinggi adalah sebagai laboratorium bagi inovator dan inventor untuk menghasilkan industri startup. Inovator dan inventor yang berasal dari perguruan tinggi dapat menggunakan GIPTI untuk mengembangkan ide kreatifnya.

Menteri Nasir mengatakan bahwa peran Pemerintah adalah sebagai mediator. Kehadiran GIPTI diharapkan dapat mempertemukan innovator dan investor, sehingga industri startup di Indonesia dapat berkembang pesat dan sejajar dengan negara-negara maju.

Pada kesempatan sama Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengatakan, GIPTI akan dijadikan tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK. Juga tempat pemasaran bagi produk-produk IKM dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di Puspiptek dan Sinar Mas Land.

Sementara itu, Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land dalam sambutannya menyatakan sangat mendukung pembangunan GIPTI di BSD City. Ia berharap kolaborasi ini bisa semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city. Saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi Silicon Valley di Indonesia.

“Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Di samping menciptakan banyak peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Intan Ahmad Dirjen Belmawa, Jamal Wiwoho Irjen Kemenristekdikti , Perwakilan dari Sinar Mas Land, Perwakilan dari Universitas Paramadina, Perwakilan dari Pemerintah Tangerang Selatan,dan Para Pejabat Eselon II di Lingkungan Kemenristekdikti serta Tamu undangan lainnya.

 

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti


Read more at https://ristekdikti.go.id/kabar/puspiptek-kemenristekdikti-gandeng-sinar-mas-land-bangun-kawasan-technopolis/#8TkR01diB03j9yw7.99